Meningkatan kemampuan representasi matematika dan minat belajar siswa SMP kelas VII materi Penyajian Data menggunakan PBL melalui Liveworksheets
Keywords:
Representasi matematika, minat belajar, livewoorksheets, LKPD.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematika peserta didik melalui model Problem Based Learning berbantuan Livewoorksheets. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan empat tahapan yang mengadaptasi model Kemmis dan McTaggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMP Negeri 18 Semarang sebanyak 33 siswa. Data kemampuan representasi matematika siswa diukur menggunakan tes representasi matematika berbentuk soal uraian dan data minat belajar siswa diukur dengan angket minat belajar siswa. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan mengukur kemampuan representasi matematika secara klasikal mencapai lebih dari 75%, dan secara kualitatif keberhasilan siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning berbantuan Livewoorksheets dapat meningkatkan kemampuan representasi dan minat belajar matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 18 Semarang.