Penerapan Model Challenge Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik 7G SMP Negeri 27 Semarang

Authors

  • Andika Nur Ferianto Matematika, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Ruci Suksmanti SMP Negeri 27 Semarang
  • Ardhi Prabowo Matematika, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Challenge Based Learning, Collaboration

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model Challenge Based Learning terhadap peningkatan keterampilan kolaborasi peserta didik di kelas VII G SMPN 27 Semarang. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi. Metode observasi digunakan untuk mengamati keterampilan kolaboratif peserta didik. Adapun teknik yang dipakai adalah analisis data secara kuantitatif dengan indikator keberhasilan penelitian ini adalah adanya peningkatan rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik minimal 75%. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada prasiklus diperoleh hasil rata-rata keterampilan kolaborasi sebesar 46% dengan kategori baik, siklus 1 52% dengan kategori cukup, pada siklus 2 sebesar 64% dengan kategori baik, dan pada siklus 3 sebesesar 76% dengan kategori baik.

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles