PERMAINAN PUZZLE SEBAGAI METODE PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS
Keywords:
Play Puzzles; Cooperation Ability.Abstract
Penelitian ini menginvestigasi penggunaan media puzzle untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di kelas 9D SMP N 4 Semarang. Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian ini berlangsung dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media puzzle signifikan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Observasi terhadap kegiatan pembelajaran guru menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II, dengan rata-rata peningkatan sebesar 14%. Aktivitas belajar siswa juga meningkat, dengan peningkatan rata-rata sebesar 15%. Adapun tingkat kerjasama siswa meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 17%. Dari temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media puzzle efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS.