Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Roll Depan dengan Memodifikasi Sarana dan Prasarana Pembelajaran Pada Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 11 Semarang

Authors

  • Anisha Ayushandra Maharani Pendidikan Prosesi Guru, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Peningkatan Hasil Belajar, Roll Depan, dan Modifikasi Sarpras Pembelajaran.

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar materi Roll Depan dengan memodifikasi sarana dan prasarana pembelajaran pada Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 11 Semarang Tahun pelajaran 2023/2024.Penelitian ini berupa penelitian Tindakan kelas yang dilaksanakan pada satu siklus. Dalam satu siklus terdiri dari dua kali pertmuan tatap muka dengan rdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIIC SMP Negeri 11 Semarang Tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 19 siswa putra dan 13 siswa putri. Data hasil belajar roll depan diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran roll depan melalui penerapan modifikasi sarana dan prasarana pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada kemampuan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran roll depan meningkat dari 68,75% pada kondisi siklus I menjadi 81,25% pada akhir siklus II dapat disimpulkan ketercapaian target sudah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan modifikasi Sarana dan prasarana pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar roll depan pada siswa Kelas VIIC SMP Negeri 11 Semarang Tahun pelajaran 2023/2024.

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles