Upaya Meningkatkan Fokus dan Minat Belajar Peserta Didik dengan Pendekatan Auditori Visual Pada Kelas X-1 SMA N 7 Semarang

Authors

  • Ardan Ardianto Pendidikan Prosesi Guru Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Universitas Negeri Semarang
  • Arief Saksono
  • Rumini Rumini

Keywords:

Auditori, Visual, Siklus, Skala.

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil fokus dan minat belajar peserta didik dengan pendekatan auditori visual pada keals X-1 SMA Negeri 7 Semarang tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini berupa peniltian tindakan kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Siklus 1 menggunakan pendekatan auditori dengan metode ceramah sedangkan siklus 2 dengan pendekatan auditori visual dan memanfaatkan media. Pengambilan data menggunakan lembar formulir terkait fokus dan minat dengan skala 1 sampai dengan skala 5 dengan kententuan skala 1 yakni sangat tidak tertarik dan skala 5 sangat tertarik. Pada penelitian ini diperoleh hasil pada siklus 1 terakit fokus didominasi pada skala 3 dan minat didominasi pada skala 4. Sedangkan pada siklus 2 adanya peningkatan signifikan terkait pada fokus naik didominasi menjadi skala 4 dan pada minat didominasi pada skala 5 atau pada skala tertinggi. Maka dari hasil pada penelitian ini mengungkapkan bahwa siklus 2 dengan menggunakan pendekatan auditori visual dengan memanfaatkan media akan meningkatkan fokus dan minat belajar peserta didik dibandingkan hanya menggunakan pendekatan auditori.

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles