Upaya Meningkatkan Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Kelas XI-F6 SMA Negeri 12 Semarang
Keywords:
metode pembelajaran kooperatif, passing bawah, bola voli.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran passing bawah bola voli melalui metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas XI-F6 SMA Negeri 12 Semarang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 33 siswa kelas XI-F6. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah lembar penilaian passing bawah, lembar observasi untuk siswa dan lembar observasi untuk guru. Berdasarkan hasil observasi, pembahasan dan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran passing bawah melalui metode pembelajaran kooperatif pada siswa kelas XI-F6 SMA Negeri 12 Semarang selama 2 siklus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan hasil belajar siswa dari 33 siswa pada kondisi awal jumlah siswa yang mampu melakukan aspek penilain passing bawah hanya 6 siswa, dan pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa, kemudian pada siklus II, meningkat menjadi 20 siswa yang mampu melakukan aspek penilain passing bawah dengan benar. Sehingga ketuntasan klasikal dalam kelas tersebut sudah lebih dari 63% siswa yang tuntas belajar.