Penggunaan Media Matras Bidang Miring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Aspek Psikomotorik Guling Belakang pada Kelas XI-F4 SMA Negeri 12 Semarang
Keywords:
bidang miring; guling belakang; teaching at the right level.Abstract
Guling belakang merupakan bagian dari senam lantai yang harus dikuasai oleh peserta didik di dalam pembelajaran. Oleh karena itu, Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan gerak dasar guling depan dan guling belakang dengan menggunakan media miring 20° dengan menggunakan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 36 peserta didik yang berasal dari kelas XI-F4 SMA Negeri 12 Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Intrumen yang digunakan yaitu rubrik penilaian pada aspek keterampilan atau psikomotor guling belakang. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan rumus presentase. Hasil penelitian pada tindakan siklus I menunjukan 26 peserta didik atau 72% tuntas pada aspek psikomotor. Pada siklus ke II menunjukan 36 peserta didik atau 100% tuntas pada aspek psikomotor. Sehingga dapat disimpulkan pembelajaran pendidikan jasmani guling belakang melalui media bidang miring 20° dapat meningkatkan kemampuan teknik dasar guling belakang melalui dua siklus.