MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN LARI ESTAFET MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF PADA SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR GUNUNG 02 KECAMATAN CANDI SARI KOTA SEMARANG

Authors

  • Agus Raharjo Universitas Negeri Semarang
  • Arif Nur Husain SDN Karanganyar Gunung 2 Semarang
  • Kusmaryati Kusmaryati

Keywords:

Estafet, Kooperatif, Tongkat.

Abstract

Materi pembelajaran atletik adalah salah satu materi yang diajarkan di SDN Karanganyar Gunung 2 Kecamatan Candi Sari Kota Semarang. Peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian tindakan kelas dengan judul Meningkatkan Hasil Pembelajaran Lari Estafet Menggunakan Metode Kooperatif Pada Siswa Kelas V SDN Karanganyar Gunung 02 Kecamatan Candi Sari Kota Semarang. Pada masalah-masalah yang berkenaan dengan menumbuhkan minat siswa terhadap pembelajaran lari estafet dapat di identifikasi sebagai berikut : Apakah penggunaan metode kooperatif dapat meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran lari estafet pada siswa kelas V SDN Karanganyar Gunung 2 Kecamatan Candi Sari Kota Semarang. Peneliti merumuskan masalahnya sebagai berikut : Apakah dengan menggunakan metode kooperatif dapat meningkatkan hasil pembelajaran lari estafet pada siswa kelas V SDN Karanganyar Gunung 2 Kecamatan Candi Sari Kota Semarang. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lari melalui metode kooperatif. Setelah melaksanakan proses pembelajaran pada siklus II diperoleh hasil dari pengamatan sebagai berikut : 1). Pada penilaian sikap awal yang meliputi posisi badan pada saat melakukan start jongkok sudah ada peningkatan. Posisi badan saat abaaba. Begitu juga dengan posisi kaki dan pandangan mata juga lebih baik dibandingkan dengan siklus I. 2). Posisi badan pada saat lari juga mengalami peningkatan yang lebih baik. 3). Pada proses perpindahan tongkat, posisi tangan, pandangan mata, gerakan kaki juga lebih baik. Pada siklus I, pada saat menunggu temannya memberikan tongkat cenderung diam namun pada siklus II saat menunggu itu sambil lari ditempat. 4). Penilaian untuk sikap akhir juga meningkat. Pada siklus II ini sudah banyak yang posisi badannya cenderung lebih condong ke depan. Secara garis besar ada peningkatan yang signifikan pada siklus II. Hal ini terbukti dari makin banyaknya siswa yang tahu tentang teknik-teknik lari estafet.

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles