PENERAPAN METODE LATIHAN TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERMAINAN BOLA VOLI SISWA KELAS 5 SDN KALIPANCUR 01

Authors

  • Bachtiar Yudo Sudiro Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Permainan Bola Voli, Latihan Terbimbing.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan permainan bola voli siswa kelas 5 SD Negeri Kalipancur 01 Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang melalui Metode latihan terbimbing. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diukur dari hasil tes yang diperoleh dari siklus I dan siklus II. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas dengan kolaborasi antara peneliti dan guru pamong sebagai observer. Subyek penelitian siswa kelas 5 SD Negeri Kalipancur 01 semester 2 tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 siswa. Kemampuan awal siswa tentang permainan bola voli sangat rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil tes sebelum perbaikan rata-rata kelasnya hanya 50,57 dan hanya 4 orang saja yang mencapai nilai > KKM 75. Hasil penelitian ini menunjukkan proses belajar mengajar meningkat dari sebelum perbaikan, siklus I dan siklus II. Siklus I mencapai 71,43 dengan kriteria cukup dan siklus II mencapai nilai rata-rata kelas 81,57. Sedangkan target pencapaian KKM, sebelum tindakan 14%, pada siklus I meningkat menjadi 50% dan pada Siklus II ketuntasan meningkat lagi menjadi 93%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa pembelajaran permainan bola voli melalui Metode latihan terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar permainan bola voli siswa kelas 5 SD Negeri Klaipancur 01 Kecamatan Ngaliyan. Peningkatan ketercapaian KKM dari sebelum perbaikan sampai dengan siklus II mencapai 79%. Maka penelitian ini dianggap tuntas karena kemampuan siswa secara klasikal sudah meningkat sesuai dengan KKM yang telah ditentukan sebelumnya.

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles