UPAYA TEKNIK TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN KETRAMPILAN KERJA SAMA, RASA TANGGUNG JAWAB, DAN PARTISIPASI PADA PERMAINAN LARI ESTAFET KELAS XI 8 SMA N 9 SEMARANG
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas; PJOK; Talking Stick.Abstract
Pada masa ini merupakan tantangan tersendiri bagi guru PJOK dimana teknologi digital mendominasi sehingga anak-anak cenderung malas untuk bergerak yang kemudian berakibat obesitas atau penyakit degeneratif. Hal tersebut merupakan tantangan sekaligus peluang untuk mengembangkan proses pembelajaran PJOK menjadi lebih mudah dan menyenangkan yang dilakukan oleh guru. Sebab pada dasarnya PJOK tidak hanya semata-mata terfokus pada kebugaran fisik dan keterampilan motorik, namun juga dapat menunjang kemampuan kognitif di bidang akademik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penerapan penelitian tindakan kelas dalam penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dikelas XI 8 SMAN 9 Semarang dengan subjek sebanyak 30 orang. Proses penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus yaitu siklus I dan siklus II, tiap siklus terdapat empat tahap yang meliputi: (1) tahap perencanaan, (2) tindakan (pelaksanaan), (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Proses aktivitas belajar siswa menggunakan teknik talking stick dalam pembelajaran. Hasil dari penerapan teknik talking stick pada pelajaran PJOK mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam hal kerjasama, tanggung jawab dan partisipasi siswa. Pada siklus I, 10 siswa masuk dalam kategori sangat baik, 16 siswa dalam kategori cukup, dan 4 siswa dalam kategori kurang. Pada siklus II, terjadi peningkatan yang lebih signifikan, di mana 11 siswa masuk dalam kategori sangat baik dan 19 siswa dalam kategori baik. Hal ini menegaskan bahwa metode teknik talking stick efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dasar tentang pentingnya kerjasama, tanggung jawab, dan partisipasi siswa kelas XI 8 di SMAN 9 Semarang.