PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI -12 PADA MATERI FUNGSI DAN PEMODELANNYA DI SMA NEGERI 1 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2023 / 2024

Authors

  • Budiana Dwi Kosasih Universitas Negeri Semarang
  • Sigit Prayitno SMA Negeri 1 Semarang
  • Arief Agoestanto Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis, Motivasi Belajar, Problem Based Learning (PBL).

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan Geogebra. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI – 12 SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2023 / 2024. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik yang dalam penelitian ini yakni kemampuan representasi matematis peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dan kemampuan representasi matematis peserta didik dari mulai pra siklus hingga siklus 2. Peningkatan motivasi belajar peserta didik dapat dilihat melalui prosentase motivasi belajar peserta didik pada pra siklus sebesar 48,575, siklus 1 sebesar 73,49%, dan siklus 2 sebesar 81,23%. Sedangkan peningkatan pada kemampuan representasi matematis dapat dilihat dari persentase hasil belajar peserta didik di setiap siklusnya yakni pada pra siklus sebesar 55,56%, siklus 1 sebesar 66,67%, dan siklus 2 sebesar 77,78%.

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles