UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI SENAM LANTAI GERAKAN GULING DEPAN MELALUI PERMAINAN DAN MEDIA KERTAS PADA PESERTA DIDIK KELAS VII C SMPN 14 SEMARANG

Authors

  • Bunga Khoirunisa Universitas Negeri Semarang
  • Anting Dien Gristyutawati SMP Negeri 14 Semarang
  • Moch Senoadji Karjadi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Hasil belajar, Media,Guling Depan.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik mengenai materi senam lantai yaitu gerakan guling depan melalui permainan dan media kertas sebagai alat bantu dalam proses pembelajarannya. Metode dalam penelitian PTK ini menggunakan desains model kemmis dan me taggart selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrument penilaian keterampilan pada pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Dalam tiap siklus terdapat satu kali pertemuan dengan durasi 80 menit. Subyek pada penilitian ini merupakan siswa kelas VII C SMP Negeri 14 Semarang berjumlah 34 peserta didik. Objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar gerakan guling depan melalui permainan dan media kertas dalam pembelajarannya. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif naratif. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada peserta didik kelas VII C SMP Negeri 14 Semarang dalam materi senam lantai gerakan guling depan melalui permainan dan media kertas sebagai alat bantu pembelajaran . Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar berdasarkan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) peserta didik sangat signifikan yaitu yang semula 26% menjadi 82%, sehingga tidak perlu adanya Tindakan lanjut pada siklus selanjutnya.

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles