Penelitian Tindakan Kelas Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Pada Komponen Kecepatan dan Kelincahan Melalui Sirkuit Permainan Pada Siswa kelas VII A

Authors

  • Chandra Krisna PPG Prajabatan PJKR, Universitas Negeri Semarang
  • Anting Dien Gristyutawati SMP Negeri 14 Semarang
  • Moch Senoadji Karjadi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Hexagonal Obstacle, Kecepatan, Kelincahan, Sirkuit.

Abstract

Pendidikan jasmani adalah bagian penting dari sistem pendidikan yang fokus pada pengembangan fisik, kesehatan, dan keterampilan motorik siswa. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental siswa, mengajarkan keterampilan olahraga dan aktivitas fisik, serta mempromosikan gaya hidup aktif dan sehat. Di dalam Pendidikan jasmani juga terdapat materi kebugaran jasmani. Salah satu materi kebugaran jasmani yang ada pada kelas VII dengan memberikan materi kelincahan dan kecepatan yang diukur dengan instrumen yang terstandart. Pemberian metode mengajar permainan dilakukan untuk upaya meningkatkan kelincahan dan kecepatan pada peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik di SMP 14 Semarang pada kelas VII A Dengan berjumlah 33 Siswa yang di damping oleh guru pamong Anting Dien Gristyutawati. Dalam penelitian ini menggunakan pengukuran Hexagonal Obstacel Test yang selanjutnya diterapkan adanya pree test (sebelum di beri perlakuan) dan post test (sesudah di beri perlakuan) Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendektan eksperimen. Hasil yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan kelincahan dan kecepatan pada peserta didik dengan adanya peningkatan sebesar 6.43 Detik Hexagonal Obstacle Test (HOT) adalah tes yang digunakan untuk mengukur kecepatan, kecepatan berpindah, dan koordinasi pada atlet atau individu yang terlibat dalam aktivitas fisik atau olahraga tertentu. Peningkatan hasil dalam tes ini dapat dicapai melalui berbagai cara, tergantung pada tujuan dan kondisi spesifik individu.

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles