PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMPN 7 SEMARANG

Authors

  • Cici Aryani Universitas Negeri Semarang
  • Rahayu Astanti SMP Negeri 7 Semarang
  • Edi Kurniawan Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Discovery Learning; IPS, Minat Belajar.

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar IPS siswa melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII F SMPN 7 Semarang yang berjumlah 32 siswa. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model Kemmis dan Taggart dalam 2 siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing), serta refleksi (reflecting). Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari angket minat belajar IPS dan lembar observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh rata-rata indeks minat belajar pada pra siklus adalah 58,19 % (Kurang berminat). Kemudian rata-rata indeks minat belajar pada siklus I adalah 70,53 % (Setuju) dan siklus 2 adalah 82,36 % (Sangat setuju). Secara keseluruhan siswa sangat setuju penerapan model Discovery Learning dalam meningkatkan minat belajar IPS.

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles