STRATEGI PERMAINAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BOUNCE PASS SISWA KELAS XI PPLG DI SMKN 9 SEMARANG
Keywords:
Metode Berbasis Permainan, Keterampilan Bounce Pass, Bola Basket.Abstract
Tujuan dari studi ini adalah untuk mengevaluasi apakah penerapan metode berbasis permainan mampu meningkatkan keterampilan Bounce pass dalam bola basket. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pendidik mengenai bagaimana memilih dan menerapkan metode bermain yang tepat dalam konteks pembelajaran, dengan tujuan akhir meningkatkan efektivitas dan hasil dari proses belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan dan dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMKN 9 Semarang kelas XI PPLG berjumlah 32 siswa. data dikumpulkan dari hasil observasi dan hasil tes belajar bounce pass. hasil belajar, yaitu persentase ketuntasan hasil belajar bounce pass pada siklus I adalah 18 siswa (56.25%) dan dan untuk siklus II sebesar terlihat peningkatan yang signifikan bahwa siswa yang tuntas berjumlah 27 siswa (84.375%). Selain itu, melalui metode berbasis permainan, keaktifan siswa dapat ditingkatkan. Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa penggunaan metode bermain ternyata efektif dalam meningkatkan pencapaian pembelajaran siswa terkait teknik passing bola basket di kelas XI PPLG SMKN 9 Semarang. Diharapkan para pendidik dapat secara konsisten mengintegrasikan temuan dari penelitian ini, menjadikan metode berbasis permainan sebagai salah satu pendekatan alternatif dalam proses belajar mengajar, terutama untuk materi passing bola basket.