UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS GAME BASED LEARNING : SNAKE AND LADDER PADA MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KELAS XI 7 SMA NEGERI 9 SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024
Keywords:
Peningkatan Pemahaman, Peserta Didik, Game Based Learning, Snake and Ladder, Pembelajaran Sejarah.Abstract
Game Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat dipergunakan dan menjadi variasi dalam kegiatan pembelajaran agar peserta didik tidak mudah jenuh dengan kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan metode Game Based Learning diharapkan peserta didik lebih bersemangat dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Dalam Game Based Learning permainan yang dapat dipergunakan beranekaragam contohnya permainan ular tangga. Permainan ular tangga bila dikaitkan dalam pembelajaran menjadikan kegiatan belajar mengajar bersifat interaktif, medidik serta menghibur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk peningkatan pemahaman pembelajaran sejarah berbasis game based learning : snake and ladder pada materi peristiwa sekitar proklamasi kelas XI 7 SMA Negeri 9 Semarang. Pelaksanaan proses Penelitian Tindakan Kelas atau PTK yaitu dimulai dengan tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pada penelitian tindakan kelas ini secara kolaboratif peneliti melibatkan guru pamong dan dosen pembimbing lapangan dalam melakasanakan peneltian ini. Hasilnya penerapan model pembelajaran tersebut dapat membantu peserta didik dalam meningkatan pemahaman belajar sejarah. Hal ini disimpulkan bahwa pemahaman peserta didik dalam pembelajaran sejarah materi Peristiwa Sekitar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran Game Based Learning media Snake and Ladder atau permainan ular tangga merupakan model pembelajaran yang cukup efisien serta inovatif dalam meningkatkan pemahaman belajar sejarah peserta didik.