PELAKSANAAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Authors

  • Desi Lestari Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Semarang
  • Ambartatik Susilaningsih SMA Negeri 4 Semarang
  • Nugroho Edi Kartijono Program Studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Problem based learning, motivasi belajar, hasil belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar pada peserta didik kelas X SMA Negeri 4 Semarang setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model problem based learning. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret sampai April 2024. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan populasi yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 4 Semarang sebanyak 11 kelas yaitu fase E kelas X 1 sampai X 11 yang berjumlah 396 orang. Untuk pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling yaitu kelas X 3 sebanyak 36 peserta didik. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa angket motivasi belajar dan post test sebanyak 10 butir soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif, data yang diperoleh dalam penelitian diolah dengan bantuan mikrosoft excel 2019 untuk mengetahui proporsi motivasi belajar peserta didik serta proporsi hasil belajar setiap siklus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran problem based learning mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Data yang diperoleh pada penelitian ini yaitu motivasi dan hasil belajar dari siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan. Untuk motivasi belajar pada siklus 1 sebesar 79,3% dan pada siklus 2 sebesar 84,2%. Sedangkan untuk hasil belajar, diketahui ketuntasan peserta didik sebesar 52,8% pada siklus 1 dan 88,9% pada siklus 2. Sehingga peningkatan hasil belajar peserta didik meningkat sebanyak 36,1%.

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles