Implementasi Pendekatan Teaching At The Right Level (TaRL) Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMP N 15 Semarang
Keywords:
Prestasi Belajar Teaching at The Right Level.Abstract
Guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran memiliki tanggung jawab yang besarkarenaguru berpengaruh besarterhadap proses dan pencapaian atau prestasi belajar. Seorang guru dituntut untuk terampil dalam memilih media pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam kegiatan pembelajaran di kelas, sehingga tercipta pembelajaran yang interaktif dan membantu peserta didik untuk memahami materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis dampak penerapan pendekatan Teaching at Right Level (TaRL) terhadap prestasi belajar peserta didik sekolah menengah (SMP) di lingkungan kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F SMP N 15 Semarang yang berjumlah 34 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, dan penilaian prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini diharapkan dapat memperdalam pemahaman kita tentang efektivitas TaRL dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik sekolah menengah. Implikasi praktis dari penelitian ini mencakup penyediaan pengajaran pendidikan yang lebih peka terhadap konteks, memenuhi kebutuhan individu peserta didik, dan mendorong pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar (passing) bawah bola voli peserta didik kelas VII F SMP N 15 Semarang. Terbukti dari 34 peserta didik yang aktivitasnya kurang baik pada kegiatan pra siklus dengan peningkatan presentease ketuntasan belajar peserta didik dari 54% meningkat menjadi 71% pada siklus I dan meningkat menjadi 85% pada akhir siklus II menjadi 85% atau kualifikasi baik.