Pengaruh Ice Breaking Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP Negeri 16 Semarang

Authors

  • Deva Amalia Ramadhan Universitas Negeri Semarang
  • Moh Nasution Universitas Negeri Semarang
  • Ary Widiyatmoko SMP Negeri 16 Semarang

Keywords:

Ice Breaking, Motivasi Belajar, Pendidikan Jasmani.

Abstract

Penggunaan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas IX SMP Negeri 16 Semarang yakni Proses pembelajaran harus terlaksana tanpa tekanan dan intimidasi didalamnya, sehingga peserta didik memiliki motivasi untuk mengikuti pembelajaran tersebut. Dalam meningkatkan motivasi peserta didik dibutuhkan strategi yang bisa mencairkan suasana pembelajaran, yaitu Ice Breaking. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK kelas IX D sebelum penerapan Ice Breaking. (2) motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK kelas IX D setelah penerapan Ice Breaking. (3) peningkatan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PJOK kelas IX D setelah penerapan Ice Breaking. Penelitian menggunakan metode Action Reseach atau Penelitian Tindakan Kelas pengumpulan data dengan cara observasi, kuisioner, dan dokumentasi, Subjek penelitian ini siswa kelas IX D berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi penigkatan rata-rata pada angket yang telah diberikan menunjukan bahwa saat siklus 1 (pretest) memiliki rata-rata putra dan putri 41.11, putra 41.35 dan putri 40.95. setelah dilakukan pembelajaran menggunakan ice breaking mengalami peningkatan rata-rata putra dan putri 47.85, putra 47.4 dan putri 48.5. berikut adalah presentase peningkatan putra dan putri. Adanya peningkatan hasil dari pretest dan posttest siswa kelas IX D putra dan putri. Hasil presentase peningkatannya adalah siswa putra dan putri mengalami peningkatan sebesar 16.39% sedangkan peningkatan untuk siswa putra adalah 14.63% dan peningkatan untuk siswa putri adalah 18.43%.

Downloads

Published

2024-06-05

Issue

Section

Articles