Upaya Peningkatan Hasil Belajar Materi Makanan Sehat dan Bergizi Melalui Pendekatan Culturally Responsive Teaching Pada Peserta Didik Kelas VII H SMP Negeri 16 Semarang Tahun 2023/2024
Keywords:
Makanan Sehat dan Bergizi, Culturally Responsive Teaching.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Culturally Responsive Teaching (CRT)) pada peseta didik kelas VII H SMP N 16 Semarang dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan Olahraga. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing siklus 2 pertemuan. Sumber data penelitian ini diperoleh dari data kuantitatif. Data kuantitatif berupa nilai hasil belajar peseta didik. Berdasarkan hasil penelitian pada materi Makanan sehat dan bergizi pada kelas VII H menunjukkan peningkatan hasil belajar yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran, keaktifan dalam memperhatikan penjelasan guru, mengajukan pertanyaan, merespon pertanyaan, berdiskusi dalam kelompok, menyampaikan ide, mengamati video dan gambar, serta mempresentasikan hasil kerja kelompok, dan meningkatnya nilai hasil belajar peserta didik.. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari awal siklus I dengan nilai n-gain 0,85 naik menjadi 0,93 pada siklus 2.