Upaya Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Menggunakan Media Pembelajaran Audio Visual (Video) Pada Siswa Kelas IX C SMPN 16 Semarang
Keywords:
keterampilan gerak, media pembelajaran audio visual.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan terkait hasil belajar khususnya aspek keterampilan gerak anak yang rendah pada materi passing bawah bola voli di kelas IX C SMPN 16 Semarang dengan menggunakan media pembelajaran audio visual (video). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subjek penelitian sejumlah 34 siswa kelas IX C SMPN 16 Semarang. Data hasil belajar siswa didapatkan dari hasil guru pengampu mata pelajaran penjaskes kelas IX C dan penilaian yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan keterampilan gerak menggunakan media pembelajaran audio visual (video). Hasil keterampilan siswa meningkat dari kegiatan pra siklus dengan nilai rata-rata 70,8 menjadi 76,6 pada siklus I dan menjadi 81,6 pada siklus II. Presentase hasil ketuntasan pada pra siklus sebesar 44,1% dan meningkat menjadi 58,8% pada siklus I serta 85,3% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemberian tindakan pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini telah mencapai indikator keberhasilan