PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MELALUI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL TUTOR SEBAYA DENGAN MODEL PBL

Authors

  • Dhanu Tri Atmojo Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Semarang
  • Anny Cahyani Dyah Ekowati Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Semarang
  • Nuriana Rachmani Dewi Pendidikan Profesi Guru, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis, Model Problem Based Laerning, Pendekatan Teaching at the Right Level Tutor Sebaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik dengan menerapkan model Problem Based Learning berpendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) tutor sebaya di kelas XI-9 SMA Negeri 3 Semarang yang dilatarbekangi rendahnya hasil tes prasiklus. Penelitian ini memiliki jenis penelitian tindakan kelas. Adapun subjek dari penelitian ini adalah 3o peserta didik kelas XI-9 SMA Negeri 3 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik observasi dan tes. Kemudian untuk teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif berdasarkan hasil tes, dan selanjutnya di analisis untuk mengetahui peningkatan pembelajaran peserta didik pada pembelajaran matematika tingkat lanjut dengan materi fungsi rasional dan irasional beserta dengan pemodelannya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana dalam satu siklus memuat dua kali pertemuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai dan persentase ketuntasan pada pembelajaran siklus I dalam pengelompokkan secara homogen yaitu 71,56 dan 63%. Sedangkan pembelajaran pada siklus II dalam pengelompokkan secara heterogen mengalami peningkatan rata-rata nilai yaitu 84,25 dan persentase ketuntasan sebesar 83%. Melihat peningkatan hasil belajar perlu menjadi perhatian khusus terhadap guru untuk mempertimbangan pengelompokkan peserta didik dan memperhatikan keberhasilan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

Downloads

Published

2024-06-06

Issue

Section

Articles