UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PJOK MATERI PERKEMBANGAN TUBUH REMAJA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BAGI SISWA KELAS VII A SMP N 16 SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Dhestyawan Arif Nugroho Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Mohammad Nasution Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang
  • Ary Widiyatmoko SMA Negeri 5 Semarang

Keywords:

Prestasi Belajar, Perkembangan Tubuh Remaja, Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian Tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan prestasu belajar PJOK materi perkembangan tubuh remaja dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning bagi siswa kelas VII SMP N 16 Semarang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A SMP N 16 Semarang yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 12 siswa laki- laki. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan, dimana peneliti melakukan post test pada setiap siklus untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa yang dilakukan setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi perubahan lingkungan. Hal tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya hasil post test siswa setiap siklusnya, pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 68,75% dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 84,4%. Dari meningkatnya hasil post test ini, penelitian membuktikan bahwa terjadinya peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning).

Downloads

Published

2024-06-06

Issue

Section

Articles