UPAYA MENINGKATKAN KESEIMBANGAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PJOK MELALUI MODIFIKASI ALAT SISWA KELAS III

Authors

  • Dhika Elang Jaya Universitas Negeri Semarang
  • Ipang Setiawan Universitas Negeri Semarang
  • Kasirin Kasirin SDN Srondol Wetan 06

Keywords:

Modifikasi alat, Keseimbangan, siswa.

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui pendekatan modifikasi alat dapat meningkatkan Keseimbangan pada siswa kelas III SDN Srondol Wetan 06. Penelitian ini bertujuan untuk mencobakan metode modifikasi alat yang diharapkan dapat meningkatkan minat dan motivasi dalam proses pembelajaran berjalan diatas papan titian, diharapkan pula dapat meningkatkan kriteria ketuntasan maksimal (KKM). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Srondol Wetan 06 yang berjumlah 28 siswa. Data hasil belajar berjalan diatas papan titian pada siswa kelas III diperoleh melalui tes unjuk kerja, lembar observasi yang digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran PJOK. Hasil latihan keseimbangan dinamis melalui berjalan diatas garis lurus pada Siklus I mencapai nilai rata-rata persentase sebesar 50% dengan kriteria berkembang sesuai harapan. Kegiatan berjalan diatas papan titian pada Siklus I belum mencapai kriteria keberhasilan, maka dilakukan tindakann pada Siklus II. Hasil tindakan pada Siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata presentase sebesar 92,9% dengan kriteria berkembang sangat baik. Keseimbangan dinami anak telah mencapai peningkatan sesuai kriteria keberhailan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dengan memodifkasi alat bantu untuk keseimbangan dapat meningkatan hasil belajar berjalan diatas papan titian pada siswa kelas III SDN Srondol Wetan 06.

Downloads

Published

2024-06-06

Issue

Section

Articles