Upaya Peningkatan Pengetahuan Permainan Bola Basket Melalui Media Pembelajaran Quizizz Siswa Kelas IX D Smp Negeri 17 Semarang Tahun 2023/2024
Keywords:
Pengetahuan, Bola Basket, Quizizz.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa kelas IX D SMP Negeri 17 Semarang dalam permainan bola basket melalui penggunaan media pembelajaran Quizizz. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dan desain siklus ganda. Partisipan penelitian adalah 33 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes awal, observasi, dan tes akhir setelah penerapan media pembelajaran Quizizz. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan siswa setelah menggunakan Quizizz. Pada kondisi awal atau pra-siklus, rata-rata nilai pengetahuan siswa adalah 70. Setelah penerapan siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 77,5, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 83. Jumlah siswa yang tuntas juga mengalami peningkatan, dari 16 siswa pada pra-siklus menjadi 20 siswa pada siklus I, dan meningkat signifikan menjadi 27 siswa pada siklus II. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Quizizz efektif dalam meningkatkan pengetahuan siswa dalam permainan bola basket. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif untuk meningkatkan hasil pembelajaran dalam bidang olahraga.