Meningkatkan keterampilan senam lantai guling depan melalui alat bantu bidang miring pada siswa kelas VB SDN Srondol Wetan 06 Kecamatan Banyumanik tahun pelajaran 2023/2024

Authors

  • Didi Lukmanto PJKR, Universitas Negeri Semarang
  • Kasirin Kasirin
  • Ipang Setiawan

Keywords:

Guling Depan, Bidang Miring, Hasil Belajar.

Abstract

Modifikasi alat berupa Bidang Miring sebagai inovasi dalam meningkatkan pembelajaran senam lantai guling depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan nilai keterampilan senam lantai guling depan dengan alat bantu bidang miring pada siswa kelas VB SDN Srondol Wetan 06 Kecamatan Banyumanik tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian yang akan dilaksanakan ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). subyek yang diteliti adalah dari siswa kelas VB SD Negeri Srondol Wetan 06 tahun pelajaran 2023/2024 dengan jumlah total 29 orang. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan dan alat evaluasi praktik. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil belajar senam lantai guling depan pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 72.4% atau 21 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan prosentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas sebesar 93,1% atau sejumlah 27 siswa. Berdasarkan hasil pembahasan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa menerapkan pembelajaran pada pembelajaran guling depan pada siswa kelas VB SD Negeri Srondol Wetan 06 tahun pelajaran 2023/2024, dapat meningkatkan minat dan motivasi siswa, suasana kelas pun menjadi lebih menyenangkan, serta siswa menjadi tidak jenuh dengan pembelajaran guling depan, sehingga kemampuan siswa dalam pembelajaran guling depan meningkat.

Downloads

Published

2024-06-06

Issue

Section

Articles