Upaya Meningkatkan Keterampilan Servis Atas Pada Pembelajaran Permainan Bola Voli Melalui Strategi Pembelajaran Berdeferensiasi Siswa Kelas IX H Smp Negeri 17 Semarang

Authors

  • Dika Ismawan Universitas Negeri Semarang
  • Tandiyo Rahayu Universitas Negeri Semarang
  • Tri Wardoyo SMP Negeri 17 Semarang

Keywords:

Servis Atas, Bola Voli, Pembelajaran Berdeferensiasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan terkait hasil belajar khususnya aspek ketrampilan Servis atas bola voli di kelas IX H SMP N 17 Semarang dengan menggunakan metode pembelajaran diferensiasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian sejumlah 34 siswa kelas IX SMP N 17 Semarang. Data hasil belajar didapatkan dari hasil guru pengampu mata pelajaran penjaskes kelas IX 17 dan penilaian yang dilakukan pada setiap akhir siklus. Penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan ketrampilan gerak menggunakan. Hasil ketrampilan siswa meningkat dari kegiatan pra siklus dengan nilai rata-rata 76 pada siklus I menjadi 79 pada siklus II kembali mengalami peningkatan menjadi 85. Presentase hasil ketuntasan pada pra siklus sebasar 47% dan meningkat menjadi 68% pada siklus I serta 85% pada siklus II. Jadi dapat disimpulkan pemberian tindakan pada PTK ini telah mencapai indikator keberhasilan.

Downloads

Published

2024-06-06

Issue

Section

Articles