MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL – TUTOR SEBAYA

Authors

  • Dina Rangga Anggraeni Universitas Negeri Semarang
  • Anny Cahyani Dyah Ekowati SMA Negeri 3 Semarang
  • Nuriana RDN Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Kemampuan Representasi Matematis; Model Problem Based Learning; Pendekatan Teaching at the Right Level – tutor sebaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) – tutor sebaya dengan dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik yang dilihat dari hasil tes prasiklus. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Adapun subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI-1 SMA Negeri 3 Semarang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes, kemudian di analisis untuk mengetahui peningkatan pembelajaran peserta didik pada pembelajaran matematika. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, Dimana satu siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai dan presentase ketuntasan pada pembelajaran siklus I dalam pengelompokkan secara homogen adalah 67, sedangkan pembelajaran siklus II dalam pengelompokkan secara heterogen mengalami kenaikan rata-rata nilai yaitu 83,72. Adanya peningkatan hasil belajar tersebut juga perlu menjadi perhatian bagi guru untuk dapat mempertimbangan pengelompokkan peserta didik serta memperhatikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan kondisi kelas.

Downloads

Published

2024-06-06

Issue

Section

Articles