IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SERVIS BOLA VOLI MENGGUNAKAN JARAK BERTAHAP DALAM UPAYA MENINGKATKAN TEKNIK SERVIS BOLA VOLI PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 KOTA SEMARANG

Authors

  • Dinda Sentaviani PPG Prajabatan PJKR, Universitas Negeri Semarang
  • Hermawan Pamot Praharjo Universitas Negeri Semarang
  • Nur Subagyo SMA Negeri 3 Semarang

Keywords:

Servis atas dan Servis bawah, Pendekatan jarak bertahap, Bola voli.

Abstract

Pendekatan jarak bertahap pada dasarnya sama dengan pendekatan bimbingan yang bertujuan memberikan bantuan kepada siswa atau siswi peserta didik agar dapat mencapai hasil belajar secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui meningkatkan teknik servis atas pada dalam permainan bola voli dengan menggunakan pendekatan tutorial di SMA Negeri 3 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X.9 SMA Negeri 3 Semarang yang berjumlah 34 siswa terdiri dari 11 siswa putra dan 23 siswa putri kelas X berjumlah 34 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan II(dua) siklus. Setelah data diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh fakta penggunaan modifikasi bola dapat meningkatkan hasil belajar servis bola voli siswa kelas X.9 SMA N 3 Semarang. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan yang signifikan dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil belajar servis bola voli pada pra siklus dalam katagori tuntas adalah 50% atau 16 anak siswa. Hasil belajar servis bawah bola voli pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 78% atau 25 siswa, dan hasil belajar servis bawah bola voli pada siklus II dalam kategori tuntas adalah 88% atau 28 siswa. Kesimpulan dari penelitian ini ialah penerapan pembelajaran model inovatif yaitu servis dengan jarak bertahap dapat meningkatkan hasil belajar servis bola voli siswa kelas X.9 SMA N 3 Semarang.

Downloads

Published

2024-06-09

Issue

Section

Articles