Implementasi GeoGebra dalam PBL yang Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Pemecahan Masalah dan Self-efficacy pada Peserta Didik
Keywords:
Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-efficacy, GeoGebra, Pembelajaran Berdiferensiasi.Abstract
Banyak peserta didik menganggap matematika sulit, anggapan ini sudah ada sejak lama dan diturunkan antar generasi. Padahal, matematika penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan harus dipelajari oleh semua peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy peserta didik kelas XI-4 Lamarc 2 SMA Negeri 4 Semarang melalui pembelajaran problem based learning berdiferensiasi berbantuan geogebra. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran problem based learning berdiferensiasi berbantuan geogebra terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan persentase ketuntasan belajar klasikal dari 41,7% pada siklus 1 menjadi 86,1% pada siklus 2, serta peningkatan self-efficacy peserta didik dari 50,54% dengan kategori cukup rendah pada siklus 1 menjadi 79,04% dengan kategori tinggi pada siklus 2. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran problem based learning berdiferensiasi berbantuan geogebra dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy peserta didik dalam pembelajaran matematika.