Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Dan Passing Atas Bola Voli Menggunakan Cooperative Learning Dengan Metode Jigsaw Peserta Didik Kelas VIII H SMP Negeri 22 Semarang Tahun Ajaran 2023/ 2024
Keywords:
cooperative learning, metode jigsaw, passing atas dan passing bawah bola voli.Abstract
Jika dilihat dari data yang penulis dapatkan dari Guru Pamong ternyata masih banyak peserta didik yang belum menguasai passing atas dan passing bawah dalam permainan bola voli. Padahal di dalam kelas tersebut terdapat 4 atlet bola voli SMP yang notabennya sudah banyak jam terbang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan data pengamatan secara langsung terhap jalannya proses pembelajaran di kelas, dari data tersebut kemudian dianalisis melalui beberapa tahapan dalam siklus-siklus tahapan. Subjek penelitian hasil belajar passing atas dan passing bawah bola voli menggunakan cooperative learning dengan metode jigsaw adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 22 Semarang tahun pelajaran 2023/2024. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan teknik deskriptif komparatif guna membandingkan hasil antar siklus, mulai dari pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Berdasarkan data hasil penelitian siklus I dan siklus II yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PJOK materi passing bawah bola voli melalui model pembelajaran cooperative learning dengan metode jigsaw dapat meningkatkan efektifitas belajar peserta didik. dari 32 peserta didik yang aktivitasnya kurang baik pada prasiklus. Terbukti ada peningkatan presentase ketuntasan belajar 21,88% pada kegiatan pra siklus menjadi 43,75% pada siklus I dan meningkat menjadi 78,12% pada akhir siklus II.