Penerapan Media Pembelajaran Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Belakang
Keywords:
Media Pembelajaran, Audio Visual, Guling belakang.Abstract
Masalah: Hasil belajar peserta didik kelas V SDN Rowosari 02 tahun pelajaran 2023/2024 Tembalang pada materi senam lantai guling belakang masih rendah baik kognitif maupun psikomotorik. Media pembelajaran merupakan sumber belajar yang dapat membantu guru dalam memperkaya wawasan siswa. Penggunaan media pembelajaran audio-visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar pada peserta didik setelah diberi tindakan menggunakan media pembelajaran audio-visual. Metode: Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian sebanyak 23 peserta didik. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, dimana siklus pertama terdiri dari 1 kali pertemuan dan siklus kedua 1 kali pertemuan. Indikator keberhasilan hasil belajar minimal 85% dengan kriteria ketuntasan minimal 70 sesuai ketentuan sekolah. Hasil: Berdasarkan hasil belajar senam lantai guling belakang pada pra siklus diperoleh rata-rata hasil 21,74%, pada siklus I dalam kategori tuntas 65,22% atau 15 siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar siswa dalam kategori tuntas 86,96% atau sejumlah 20 siswa. Kesimpulan: Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terjadi peningkatan yang signifikan disetiap siklusnya setelah diberi tindakan berupa penggunakan media pembelajaran audio-visual ke dalam pembelajaran.