UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENDANGAN DEPAN DALAM PENCAK SILAT MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 20 SEMARANG TAHUN 2024
Keywords:
keterampilan, pencak silat, kursi dan bola plastik.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tendangan depan siswa kelas VIII A SMP Negeri 20 Semarang dalam pembelajaran pencak silat melalui penggunaan media alat bantu kursi dan bola plastik. Penelitian dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Partisipan penelitian adalah 34 siswa. Data penelitian dikumpulkan melalui tes awal, observasi, dan tes akhir setelah penerapan media pembelajaran menggunakan alat bantu kursi dan bola plastik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam pengetahuan siswa setelah menggunakan media alat bantu kursi dan bola plastik. Pada kondisi awal atau pra-siklus, rata-rata keterampilan siswa kelas VIII A dibawah 60 %. Setelah penerapan siklus I, rata-rata keterampilan meningkat menjadi 85 %, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 94 %. Pelaksanaan pra siklus terampilan yang kurang dari jumlah seluruh siswa terdapat 20 siswa dan mengalami peningkatan yang baik menjadi 85 % siswa setelah pelaksanaan siklus I, dan meningkat menjadi sangat baik 94% siswa pada siklus II. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran kursi dan bola plastik efektif dalam meningkatkan keterampilan tendangan depan siswa dalam pembelajaran pencak silat. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penerapan media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan siswa. Penelitian selanjutnya dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih inovatif untuk meningkatkan hasil pembelajaran dalam bidang olahraga.