UPAYA MENINGKATKAN GERAK DASAR LOKOMOTOR PADA SISWA KELAS I DI SDN ROWOSARI 02 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BAN BEKAS

Authors

  • Dymas Khabul Pratama Program Pendidikan Profesi Guru, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Gerak Lokomotor, Siswa Sekolah Dasar, Media Ban Bekas, Bahan Ajar Sederhana.

Abstract

Penelitian Tidakan Kelas ini dilatarbelakangi mengenai kemampuan siswa kelas 1 di SDN Rowosari 02 dalam menguasai gerak lokomotor yang belum optimal. Rendahnya kemampuan gerak dasar lokomotor siswa bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kurangnya aktivitas fisik, pola makan yang tidak sehat, kurangnya latihan atau pelatihan yang tepat, atau masalah kesehatan tertentu. Penting untuk memberikan pendekatan yang holistik dan memperhatikan aspek-aspek tersebut dalam memperbaiki kemampuan gerak siswa. Dalam hal ini, peneliti menggunakan media ban bekas sebagai bahan ajar untuk upaya meningkatkan gerak dasar lokomotor pada siswa. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan kemampuan gerak dasar lokomotor pada siswa kelas 1 di SDN Rowosari 02 dengan menggunakan media ban bekas sebagai bahan ajarnya. Tujuan khusus penelitian diantaranya (1) menganalisis tingkat gerak lokomotor siswa, (2) mengidentifikasi faktor- faktor yang 546 memengaruhi perkembangan gerak dasar lokomotor siswa, (3) mengevaluasi hasil program pada siswa dan (4) mengenbangkan metode pembelajaran lanjutan untuk meningkatkan gerak dasar lokomotor siswa. Metode penelitian yang digunakan oleh peniliti adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif dengan subjek siswa kelas 1 di SDN Rowosari 02 sebanyak 25 siswa, terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam beberapa hal diantaranya, (1) tingkat kemampuan gerak dasar lokomotor pada siswa meningkat, (2) efektivitas program terbukti dengan adanya peningkatan keberhasilan siswa di setiap siklusnya, dan (3) guru mampu meningkatkan gerak dasar lokomotor siswa dengan media ajar yang digunakan.

Downloads

Published

2024-06-09

Issue

Section

Articles