Upaya Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Permainan Bola Voli melalui Problem Based Learning dengan Model Huruf T dan Z pada Siswa Kelas VII E Semester II SMP Negeri 21 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • El Basit Jati Waskita Universitas Negeri Semarang
  • Mad Buhari SMP Negeri 21 Semarang
  • Agung Wahyudi Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Bola Voli, Model Huruf, PBL, Passing Bawah.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan passing bawah permainan bola voli kelas VII E SMP N 21 Semarang melalui Problem Based Learning menggunakan model huruf T dan Z. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian sejumlah 34 siswa kelas VII E SMP N 21 Semarang. Teknik pengumpulan data melalui tes, praktik, dan observasi lapangan. Analisis data dilakukan dengan cara merefleksi hasil observasi dan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa di lapangan dan diolah menjadi kalimat yang bermakna serta dianalisis menggunakan deskriftif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pada hasil keterampilan passing bawah dari 35% siswa yang mencapai KKM pada kegiatan prasiklus menjadi 74% pada kegiatan siklus I dan pada siklus II mencapai 100%. Nilai keterampilan bagi siswa yang belum tuntas KKM juga mengalami penurunan dari 65% siswa pada kegiatan prasiklus menjadi 26% pada kegiatan siklus I dan siklus II sebanyak 0%.

Downloads

Published

2024-06-09

Issue

Section

Articles