Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Pada Siswa Kelas II SD Negeri Banyumanik 01 Kota Semarang

Authors

  • Eni Budi Astuti Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Semarang.
  • Ipang Setiawan Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Profesi Guru Universitas Negeri Semarang

Keywords:

gross motor skills, jumping rope, children.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak SD Negeri Banyumanik 01 Kota Semarang melalui kegiatan lompat tali. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan metode kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah kelas II SD Negeri Banyumanik 01. Objek penelitian ini berjumlah 28 anak dengan unsur kemampuan motorik kasar kekuatan dan keseimbangan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak kelas II SD Banyumanik 01 Kota Semarang dapat ditingkatkan melalui kegiatan lompat tali. Langkah-langkah melakukan lompat tali yaitu: (1) anak melakukan pemanasan di luar kelas; (2) anak baris menjadi dua kelompok; (3) guru menjelaskan cara melakukan lompat tali; (4) guru mendemonstrasikan lompat tali pada anak; (5) anak melakukan lompat tali satu per satu; (6) guru memberi reward kepada anak. Peningkatan kemampuan motorik kasar dapat dilihat pada siklus 1 diperoleh 32% berada pada kriteria berkembang sesuai harapan dan pada siklus 2 diperoleh 83% aberada pada berkembang sesuai harapan.

Downloads

Published

2024-06-09

Issue

Section

Articles