Pembelajaran Matematika Pada Materi Relasi Fungsi Terintegrasi Nilai-Nilai Islami
Keywords:
Integrasi, Nilai Islami, Relasi Fungsi.Abstract
Penelitian ini bertujuan guna untuk mengintegrasikan nilai-nilai islami lebih mendalam pada materi relasi dan fungsi saat proses pembelajaran matematika. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang merupakan penelitian dalam pandangan nalar postpotivisme yang digunakan untuk menganalisis keadaan normal, di mana peneliti adalah instrumen kuncinya, triangulasi (bergabung) strategi pemilahan informasi, pemeriksaan informasi bersifat induktif/ subyektif dan hasil pemeriksaan subyektif menonjolkan makna sebagai lawan spekulasi. Peneliti juga mengkaji bukubuku serta melakukan research. Peneliti mengkaji secara lebih dalam pengkaitkan pembelajaran matematika dengan Al-Qur’an dan hadist sebagai objek utama peneliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa materi relasi dan fungsi dapat diibtegrasikan dengan nilai-nilai islami pada pembelajaran matematika.