Implementasi Project Based Learning Berbantuan Canva dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Kognitif
Keywords:
aktivitas belajar; hasil belajar; project based learning.Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif peserta didik pada mata pelajaran IPS melalui model pembelajaran Project Based Learning berbantu Aplikasi Canva. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan 34 peserta didik kelas VII A di SMP Negeri 14 Semarang. Tindakan kelas dilakukan dalam dua siklus pembelajaran. Data dikumpulkan dengan pedoman lembar observasi dan asesmen sumatif pada masing-masing siklus, serta dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh pada hasil siklus 1 dan siklus 2 aktivitas belajar peserta didik terlihat mengalami peningkatan. Pada ativitas belajar siklus 1 persentase hanya mencapai 71% dengan kategori layak, sedangkan pada siklus 2 mengalami peningkatan yaitu mencapai 83% dengan kategori Cakap. Sedangkan dari analisis data hasil belajar kognitif pada hasil siklus 1 dan siklus 2 menunjukkan adanya peningkatan dalam tingkat ketuntasan hasil belajar dari 64,70% meningkat menjadi 85,29%. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning berbantu Aplikasi Canva dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di kelas dengan membuat peserta didik berpartisipasi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan lebih memahami materi.