Upaya Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Melalui Strategi Inquiring Minds Want to Know Pada Kelas VII B Mata Pelajaran IPS SMP Negeri 14 Semarang

Authors

  • Erlina Adnadiwantari PPG Prajabatan IPS Universitas Negeri Semarang
  • Lilia Israwati Saktiari SMP Negeri 15 Semarang
  • Natal Kristiono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Strategi pembelajaran Inquiring Minds Want To Know, Rasa Ingin Tahu, Pembelajaran IPS.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat rasa ingin tahu (curiosity) peserta didik kelas VII B dalam mata pelajaran IPS di SMP Negeri 14 Semarang melalui penerapan strategi "Inquiring Minds Want To Know". Penelitian ini didasarkan pada pemahaman bahwa mayoritas siswa kelas VII B memiliki gaya belajar visual auditory, sementara kecenderungan peserta didik untuk bersikap pasif dalam pembelajaran IPS. Pendekatan strategis ini dirancang untuk merangsang ketertarikan dan keingintahuan siswa dengan menggabungkan elemen visual dan pendekatan inquiring (bertanya), sehingga mendorong keterlibatan aktif dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan siklus perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian meliputi tes rasa ingin tahu, observasi partisipatif, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari 79% pada siklus pertama dan sebesar 91% pada siklus kedua dalam tingkat rasa ingin tahu siswa setelah menerapkan strategi "Inquiring Minds Want To Know". Hal ini mengindikasikan bahwa pendekatan yang menggabungkan gaya belajar visual auditory dengan stimulasi inquiring mampu mengatasi kecenderungan siswa untuk pasif dalam pembelajaran IPS. Temuan penelitian ini memberikan kontribusi bagi praktik pembelajaran dengan menyoroti pentingnya memperhatikan gaya belajar siswa dan mengadopsi strategi yang merangsang partisipasi aktif. Implikasi praktisnya adalah bahwa pendekatan inquiring minds dapat menjadi alternatif efektif dalam memotivasi siswa dan meningkatkan pencapaian dalam mata pelajaran IPS, terutama di lingkungan di mana siswa cenderung pasif.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles