MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS XI SMA NEGERI 5 SEMARANG

Authors

  • Fahmi Arif Falakhudin Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Sc. Mariani Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Dewi Sulandari SMA Negeri 5 Semarang

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran di SMA Negeri 5 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada kelas XI-3 SMA Negeri 5 Semarang melalui penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan pendekatan TaRL (Teaching at the Right Level). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan rata-rata hasil asesmen sumatif yang dilaksanakan didalam kelas. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI-3 SMA Negeri 5 Semarang yang berjumlah 36 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada saat pra siklus yaitu dari 36 peserta didik dengan rata-rata kelas 69,86 meningkat menjadi 77,50 dengan jumlah 36 peserta didik pada siklus I. dan meningkat lagi menjadi 81,61 dengan jumlah 34 peserta didik pada siklus II. Maka disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles