Pemanfaatan Media Pembelajaran QR-Code Sebagai Upaya Implementasi Pendidikan Sesuai Kodrat Zaman KHD di SMP Negeri 6 Semarang
Keywords:
Kodrat zaman, Media pembelajaran, QR code.Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan yang terjadi sekarang dapat mempengaruhi dunia pendidikan. Salah satunya dalam pemanfaatan teknologi didalam pembelajaran yang mana sesuai dengan perkembangan pembelajaran abad 21. Tujuan dari penelitian ini adalah pemanfaatan teknologi yang diintegrasikan dalam media pembelajaran sebagai implementasi pembelajaran sesuai kodrat zaman pemikiran dari Ki Hadjar Dewantara. Metode dari penelitian ini adalah kualitatif dilakukan, dengan melaksanakan observasi dan melakukan studi literatur dari kajian-kajian yang dapat mendukung penyusunan penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran khususnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis QR Code yang dapat memberikan kemudahan dan keefektifan peserta didik dalam pembelajaran. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa implementasi penggunaan QR Code sebagai media pembelajaran sesuai dengan pemikiran kodrat zaman Ki Hadjar Dewantara. Dimana zaman yang berkembang juga dapat mempengaruhi perkembangan pendidikan baik dalam pengajaran maupun menyediaan media pembelajaran. Proses pembelajaran setiap zaman tidak bisa disamakan karena memiliki kebutuhan yang berbeda. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran QR Code sesuai dengan pembelajaran abad 21 dan kodrat zaman pemikiran Ki Hadjar Dewantara. Pembelajaran sesuai kodrat zaman harus sesuai dengan perkembangan zaman yang sedang berlangsung dengan memanfaatkan teknologi didalam pembelajaran serta disesuaikan kebutuhan peserta didik sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang efektif, efisien dan bervariatif.