PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI KEBUGARAN JASMANI MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEDIA POP UP BOOK PADA KELAS VIII E SMP NEGERI 22 SEMARANG

Authors

  • Fanisa Yuliawan Universitas Negeri Semarang
  • Heni Agus Wigati Universitas Negeri Semarang
  • Anirotul Qori’ah Universitas Negeri Semarang

Keywords:

hasil belajar, Project Based Learning, Pop Up Book.

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelasVIII E SMP Negeri 22 Semarang pada materi Kebugaran Jasmani. Hal ini disebabkan guru menggunakan model dan media pembelajaran yang bervariasi sehingga menyebabkan peserta didik kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalahuntuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi pembelajaran Kebugaran Jasmani di kelas VIII E SMP Negeri 22 Semarang dengan menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) dengan media Pop Up Book. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan media Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penelitian yang peneliti lakukan di SMP Negeri 22 Semarang dibuktikan dengan hasil perhitungan persentase ketuntasan secara klasikal pada tahap Pra Siklus kelas VIII E SMP Negeri 22 Semarang diperoleh 36% peserta didik yang tuntas. Pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan 61%. Pada siklus II persentase ketuntasan diperoleh sebesar 89%.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles