PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI LARI SPRINT 100M MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA POP UP BOOK PADA KELAS VIII B SMP NEGERI 22 SEMARANG

Authors

  • Farid Adnan Universitas Negeri Semarang
  • Heni Agus Wigati Universitas Negeri Semarang
  • Bambang Priyono Universitas Negeri Semarang

Keywords:

hasil belajar, Problem Based Learning, Pop Up Book.

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelasVIII B SMP Negeri 22 Semarang pada materi Kebugaran Jasmani terutama komponen kecepatan yaitu Lari Jarak Pendek atau Sprint 100m. Hal ini disebabkan guru menggunakan model dan media pembelajaran yang kurang menarik sehingga menyebabkan peserta didik kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi pembelajaran Lari Sprint Jarak 100m di kelas VIII B SMP Negeri 22 Semarang dengan menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) dengan media Pop Up Book. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan media Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penelitian yang peneliti lakukan di SMP Negeri 22 Semarang dibuktikan dengan hasil perhitungan persentase ketuntasan secara klasikal pada tahap Pra Siklus kelas VIII B SMP Negeri 22 Semarang diperoleh 40% peserta didik yang tuntas. Pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan 61%. Pada siklus II persentase ketuntasan diperoleh sebesar 88%.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles