Pemanfaatan e-LKPD berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan SelfEfficacy Peserta Didik Kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 6 Semarang
Keywords:
Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Self-efficacy, Liveworksheet.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy peserta didik menggunakan pemanfaatan e-LKPD berbasis liveworksheet. Kemampuan pemecahan masalah dapat dioptimalkan dengan mengintegrasikan teknologi, model, dan metode pembelajaran yang tepat untuk mendukung efektivitas pembelajaran serta untuk melatih dan menggali kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Dengan pemanfaatan e-LKPD berbasis liveworksheet, model Problem Based Learning dapat dilihat sebagai aplikasi pembelajaran matematika yang tujuannya untuk melatih dan memperdalam kemampuan pemecahan masalah peserta didik serta meningkatkan keyakinan atau self-efficacy peserta didik dalam menyelesaiakan suatu permasalahan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi pendidik mengenai bagaimana memilih dan menerapkan model pembelajaran serta strategi pembelajaran dengan tujuan akhir yaitu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan dilaksanakan dua siklus, setiap siklus dimulai dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA Negeri 6 Semarang kelas XI MIPA 2 yang berjumlah 35 peserta didik. Data dikumpulkan dari hasil observasi dan hasil asesmen formatif. Hasil dari asesmen formatif yaitu persentase ketuntasan hasil belajar materi Bunga Majemuk dan Anuitas pada siklus I adalah 26 peserta didik (74,29%) dan untuk siklus II (91,43%). Selain itu dengan memanfaatkan e-LKPD berbasis liveworksheet dapat meningkatkan self-efficacy peserta didik. Oleh karena itu kita dapa menyimpulkan bahwa dengan e-LKPD berbasis liveworksheet dengan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan pencapaian pembelajaran peserta didik terkait kemampuan pemecahan masalah dan self-efficacy di kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Semarang. Diharapkan para pendidik dapat secara konsisten mengintegrasikan temuan dari penelitian ini, menjadikan pemanfaatan e-LKPD berbasis liveworksheet dengan model pembelajaran Problem Based Learning sebagai salah satu pendekatan alternative dalam proses belajar mengajar, terutama untuk materi Bunga Majemuk dan Anuitas.