PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DAN SELF CONFIDENCE KELAS XI SMA N 6 SEMARANG

Authors

  • Fiola Adyanovti Yundharesta Prodi Matematika, PPG Universitas Negeri Semarang
  • Qurota A’yun Prodi Matematika, PPG Universitas Negeri Semarang
  • Mulyono Mulyono Prodi Matematika, PPG Universitas Negeri Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Kemampuan pemecahan masalah, Self confidence.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan Self Confidence siswa kelas XI MIPA 1 melalui Model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Sumber data diperoleh melalui tes pemecahan masalah, dan angket self confindence. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil-hasil yang dicapai pada setiap siklus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I 69,4% meningkat pada saat siklus 2 menjadi 83,3% , sedangkan pada self confidence siswa terjadi peningkatan jumlah siswa kategori sedang dan tinggi terlihat juga terjadi peningkatan rata-rata dari siklus I 89,83 meningkat pada saat siklus 2 menjadi 93,69.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles