Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Self Efficacy Siswa SMA 6 Semarang Melalui Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Authors

  • Frebriani Adianegara Kusuma Universitas Negeri Semarang
  • Mulyono Mulyono Universitas Negeri Semarang
  • Nur Hidayatul Fitri SMA Negeri 6 Semarang

Keywords:

Challenge Based Learning, GeoGebra, Kemampuan Pemecahan Masalah, STEM.

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara di SMA Negeri 6 Semarang khususnya di kelas XI MIPA 2 menunjukkan bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal grafik fungsi eksponen dan fungsi logaritma. Pada materi ini, kemampuan representasi matematika siswa masih rendah seperti menggambarkan daerah hasil penyelesaian dari suatu grafik fungsi eksponen dan fungsi logaritma, serta menuliskan apa yang diketahui dari sketsa grafik. Hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan representasi matematika dan keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, self efficacy siswa juga masih tergolong rendah. Salah satu model pembelajaran yang diharapkan dapat mengatasi permasalahan dalam matematika yaitu model pembelajaran Problem Based Learning. Atas dasar tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning sebagai solusi alternatif memecahkan masalah pada situasi tersebut. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian adalah 35 siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024. Teknik tes yang digunakan peneliti berupa tes uraian dan angket. Materi yang terlibat adalah grafik fungsi eksponen dan fungsi logaritma. Indikator Penelitian (1) hasil tes pada akhir siklus sebanyak 75% siswa mencapai KKM, (2) ratarata kelas dari nilai kemampuan representasi matematik mencapai skor 70, (3) kategori sikap self efficacy meningkat.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles