Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa SMA N 6 Semarang Melalui Metode PBL dan Pendekatan TaRL

Authors

  • Galant Hilmansyah Al Fath Matematika, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Nur Hidayatul Fitri SMA Negeri 6 Semarang
  • Mulyono Mulyono Matematika, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar peserta didik melalui model Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching at the Right Level. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan empat tahapan yang mengadaptasi model Kemmis dan McTaggart yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Semarang dengan 35 siswa. Data kemampuan pemecahan masalah siswa diukur dengan menggunakan tes berbentuk soal uraian dan data motivasi belajar siswa diukur dengan angket. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan mengukur kemampuan pemecahan masalah secara klasikal mencapai lebih dari 75%, dan secara kualitatif keberhasilan siswa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching at the Right Level dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan minat belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 6 Semarang.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles