PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERPENDEKATAN CULTURALLY RESPONSIVE MATHEMATICS TEACHING PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SIKAP KERJASAMA

Authors

  • Gendika Tiras Saputri PPG Matematika, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Walid Walid PPG Matematika, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Puji Handayani SMA Negeri 7 Semarang

Keywords:

Culturally Responsive Teaching; Kemampuan Pemecahan Masalah; Kerjasama; Problem Based Learning.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan sikap kerjasama peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning(PBL) dan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek peserta didik kelas XI-8 SMA Negeri 7 Semarang tahun 2023/2024. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis: 1) rata-rata nilai kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik tuntas KKTP pada siklus II dengan rata-rata 85,5; 2) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik tuntas secara klasikal dengan presentase 80%; 3) peningkatan nilai rata-rata kelas dari prasiklus meningkat ke siklus I dengan skor 61,4 menjadi 64,3 yang kemudian meningkat kembali pada siklus II menjadi 85,5. Hasil penelitian juga menunjukkan peningkatan sikap kerjasama peserta didik dalam kegiatan berkelompok: 1) skor sikap kerjasama dengan presentase 94% dengan kategori baik dan sangat baik pada siklus II; 2) presentase kategori peserta didik pada siklus I terdapat 40% dengan kategori sangat kurang, 51% dengan kategori kurang dan 9% dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 6% dengan kategori cukup, 54% dengan kategori baik dan 40% dengan kategori sangat baik.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles