PEMBELAJARAN PBL DAN CRMT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI STATISTIKA

Authors

  • Hanif Nur Cahyani PPG Matematika, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang
  • Walid Walid Universitas Negeri Semarang
  • Puji Handayani SMA Negeri 7 Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Culturally Responsive Teaching, Kemampuan Pemecahan Masalah, Minat Belajar.

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu bagian yang penting dalam pembelajaran matematika. Minat belajar merupakan hal yang penting, karena tidak adanya minat belajar pada peserta didik maka tidak akan terjadi proses masuknya pembelajaran ke dalam memori peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dan pendekatan culturally responsive mathematics teaching (CRMT) pada materi statistika kelas XI. Subjek penelitian ini yaitu 36 peserta didik kelas XI9 SMA N 7 Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan jenis penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdapat 2 pertemuan. Instrumen yang digunakan yaitu angket minat belajar dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang dilaksanakan pada pra siklus, setelah siklus I dan setelah siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PBL dan CRMT meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis dibuktikan dengan adanya peningkatan peserta didik dalam klasifikasi berminat pada pra siklus 17%, pada siklus I terdapat 42% peserta didik dan siklus II terdapat 81% peserta didik. Rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis juga mengalami peningkatan dari pra siklus 69,72 lalu siklus I mendapat nilai 75,94 dan siklus II mendapat nilai 89,33. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Problem Based Learning dan pendekatan Culturally Responsive Mathematics Teaching dapat meningkatkan minat belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas XI pada materi statistika di SMA Negeri 7 Semarang tahun pelajaran 2023/2024.

Downloads

Published

2024-06-10

Issue

Section

Articles