PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MENGGUNAKAN PENDEKATAN CULTURALY RESPONSIVE TEACHING (CRT) DENGAN PERMAINAN TRADISONAL LOMPAT TALI KARET KELAS XI
Abstract
Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada pembelajaran atletik siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 6 Kota Semarang melalui pembelajaran menggunakan permainan tradisonal lompat tali. Jenis penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas (PTK) penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 6 Kota Semarang yang bejumlah 36 siswa. Data penelitian ini adalah keterampilan lompat jauh sebagai data kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian Tindakan Kelas, hasil penelitian dapat digambarkan bahwa pelaksanaan pembelajaran lompat jauh melalui pembelajaran permainan tradisional lompat tali pada siswa kela XI IPS 2 SMA Negeri 6 Kota Semarang meningkat, berdasarkan hasil observasi pada siklus I hasil belajar lompat jauh dalam kategori tuntas adalah sebanyak 22 siswa dengan persentase 61%, kemudian pada siklus II terjadi peningkatan persentase keterampilan lompat jauh dalam kategori tuntas adalah sebanyak 32 siswa dengan persentase 89%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjasokes melalui pembelajaran permainan tradisional lompat tali dalam pembelajaran atletik dapat meningkat keterampilan lompat jauh pada siswa kela XI IPS 2 SMA Negeri 6 Kota Semarang.